-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Cara Membuat Power Suply Simetris

Senin, 02 September 2024 | September 02, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-02T17:36:53Z

   Cara Membuat Power Suply Simetris 

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.



  Power supply simetris disebut juga sebagai catu daya keluaran ganda atau penyearah keluaran ganda. Powe Suplay Simetris adalah perangkat keras yang meneruskan keluaran ganda dengan tegangan output - ( negatif) CT ( Ground ) dan + ( positif ) yang sering di pakai untuk kebutuhan power amplifier. Konsep utama rangkaian Power supply simetris dibuat untuk merubah tegangan AC ke tegangan Dc. Power supply simetris juga dapat digunakan sebagai sirkuit adaptor simetris untuk mengurangi tegangan. Power supply juga dapat menstabilkan tegangan listrik agar tidak melebihi batas maksimal pada perangkat. Bila tegangan terlalu tinggi dari tegangan yang kita tentukan pasti salah satu komponen utamanya akan meletus. Misalnya kita membuat tegangan Simetris ( +25 ct -25 ) dengan menggunakan elco ( elektrolyt condensator )  50v/1000uf, bila tegangan melebihi ukuran elco  tersebut, kapasitor tersebut akan meledak. Jadi untuk menentukan berapa besar tegangan yang akan dipakai sebagai power suply maka kita harus mengetahui besaran arus yang kita butuhkan. Mari simak penjelasan dibawah ini.


  Sebagai contoh kita akan membuat power suply dengan tegangan +25 ct -25 untuk tegangan amplifier .Maka bahan yang kita siapkan adalah:
1. Elco 50v/4700uf ( uf lebih besar lebih bagus)
2. 4 buah Dioda 5ampere
3. Kit power suply 

  Cara membuat :
1. Seri kan dioda yang ada gelangnya 
    Lihat gambar.



2. 2 elco kita seri ( kaki elco yang ada tandanya di sambung dengan kaki yang tidak ada tandanya) 
Lihat gambar.



3. Sambung kaki elcko positif dengan dioda yang  bertanda, lalu yang kaki elco negatif sambungkan  dengan kaki dioda yang tidak ada gelangnya.
Lihat gambar.

Nah sekarang kita sudah bisa membuat power suply untuk kebutuhan amplifier. Uuntuk pengambilan
tegangan + ( positif ) atau - (negatif ) kalian bisa mengambil dari kaki kaki elko atau di kaki dioda juga bisa.Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar. Semoga bermanfaat.
Terimakasih 

×
Berita Terbaru Update