-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Menghilangkan Dengung Pada Power Rakitan

Senin, 02 September 2024 | September 02, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-02T16:25:41Z

   Menghilangkan Dengung Pada Power Rakitan



Pernah menemui kasus mengenai dengung pada power amplifier rakitan.? Suara dengung pada power rakitan memanglah sangat mengganggu di saat kita akan mendengarkan musik dengan tingkat volume rendah. Apalagi di saat malam hari yang tidak mungkin kita memutar musik dengan volume tinggi. Untuk suara dengung pada power amplifier, sebenernya ada banyak cara untuk mengatasinya. Kenali dulu suara dengung itu bersumber dari apa.? misalnya saat kita putar potensio volume ke arah jam 12 makin kenceng ada juga saat kita  putar potensio bass makin kenceng dengungnya, dan aja juga potensio Volume kita tutup masih juga terdapat dengung. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, mari kita simak pembahasan berikut. 


kenali dulu penyebab dengung itu berasal.

1. Misalnya kita tutup potensio volume masih tetap ada dengung. maka hal yang perlu kalian lakukan adalah kalian harus memutuskan kabel input yang ada pada driver power tersebut. Bila dengung menghilang berarti sumber penyebabnya adalah tone control yang bermasalah. Untuk mengatasinya ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan.

    a. buatlah power suplay tone control sendiri jangan di gabung dengan driver power tersebut. Karena driver power tersebut membutuhkan tegangan yang besar sehingga bisa menyebabkan dengung itu terjadi. atau bisa di sebut kekurangan suplay tegangan.

   b.  Badan potensio volume kita hubungkan dengan Ct atau Ground pada power suplay. Cara ini biasanya akan membantu meredakan suara dengung tersebut. namun ada kekurangannya yaitu body amplifier bila tersentuh kulit lengan terkadang bisa menyengat atau nyetrum. tp ini jarang terjadi.

   c. merapikan tatanan perakitan. Cara ini sangat efektif karena dengung yang disebabkan karena induksi travo bisa hilang jika bagian tone control di jauhkan dari travo.


2. Jika setelah memutuskan sumber input di driver power masih ada dengung berarti driver power tersebut yang bermasalah. Biasanya ini terjadi karena driver power tersebut terlalu dekat dengan travo . namun setelah kita jauhkan dari travo masih ada dengung, maka cara yang efektif adalah menambahkan capasitor dengan ukuran 100n 2000volt di seri dengan CT di hubungkan di bagian baut travo atau di body amplifier. 



 3. Cara yang ketiga ini menurut saya cara yang paling ampuh untuk melumpuhkan atau menghilangkan dengung pada driver power aplifier. yaitu dengan cara  merubah jalur ground. Caranya yaitu dengan membuat jalur CT dari power suplay langsung ke Output speaker , dari Output speaker ke signal input tone control, dari tone control baru menuju ke Driver power tersebut. Cara ini biasa saya terapkan agar meminimalisir dengung pada driver power amplifier dan berhasil.




sekian dulu tutorial dari saya bagamana cara menghilangkan dengung pada power rakitan. semoga bermanfaat. Terimaksih.

×
Berita Terbaru Update