-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Pengertian CWM ( ClockworkMod )

Sabtu, 16 April 2016 | April 16, 2016 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-23T17:07:42Z
Asalamualaikum wr.wb

Selamat siang sobat.? Rasanya sudah terlalu lama saya meninggalkan blog ini. Ya biasa lah anak muda. ya ini lah itu lah. Ok jreng jreng jreng  langsung saja untuk postingan kali ini saya akan membahas tentang Pengertian CWM Atau ClockworkMod Recovery Android. Bagi Kamu Pengguna Android yang belum mengerti tentang CWM atau ClockMod bisa simak penjelasan berikut. Apa itu CWM atau ClockworkMod Recovery Android.? Tapi sebagai pengguna Android memang seharusnya kita ketahui hal - hal dasar semacam itu.

Pengertian CWM / ClockworkMod Recovery.
CWM atau ClockworkMod adalah sebagai recovery mode yang sudah di kustomisasi sedemikian rupa dengan berbagai fungsi tambahan seperti backup/restore, instalasi dan lain-lain yg tidak ada di recovery mode standar atau bawaan pabrik, karena sebenarnya walaupun Android kita masih  kondisi baru itu sudah memiliki recovery mode, hanya saja di recovery ClockworkMod ini memiliki fitur yang jauh lebih banyak seperti flash Rom, Root dan lain sebagainya sehingga memudahkan penggunanya untuk memodifikasi ponselnya tersebut. Dan CWM biasanya memiliki dua versi yaitu versi Touch yang bisa langsung disentuh untuk mengoprasikannya dan versi non-Touch yang tidak bisa langsung disentuh, melainkan menggunakan tombol hardware (tombol home, volume atas, volume bawah, dan tomblol power) untuk navigasi nya.

Fungsi dan Fitur dari CWM / ClockworkMod Recovery

1. Untuk Menginstall Custom ROM
Fitur CWM / ClockworkMod Recovery adalah fitur yang sangat dibutuhkan di android. Dengan menggunakan Fitur CWM / ClockworkMod Recovery, Anda akan lebih mudah mengganti atau merubah tampilan rom android Anda sesuai selera anda

2. Nandroid Backup
Sesuai dengan namanya Nandroid backup untuk membackup sistem ponsel, internal memori dan termasuk seluruh partisi dan menyimpannya ke dalam sdcard. Hasil backup berupa folder dengan nama Clockworkmod yg berisi tgl-bln-thn-jam sesuai saat Kamu melakukan backup android itu sendiri melalui CWM.

3. Untuk Root atau Install Update.zip
Walaupun kebanyakan orang melakukan Root pada Androidnya menggunakan PC, dengan adanya CWM Recovery ini kita bisa melakukan Root langsung dari hp tanpa menggunakan PC, tapi tidak semua jenis Android bisa melakukan root tanpa PC, untuk lebih aman silahkan mencari tutorial yang di khususkan untuk type android kamu. Untuk yang belum tau apa itu Root silahkan baca tentang Pengertian Root silahkan ubek ubek blog ini, tetapi jangan buru buru di eksekusi. lihat dulu bug dan fix dari proses root tersebut.

4. Restore Data
Backup = Mencadangkan data, di fitur ini adalah Restore = untuk memulihkan/mengembalikasn data sesuai yang sudah kita Backup/cadangkan sebelumnya.ingat dan catat bahwa Fitur ini sangatlah penting. Sebelum kamu merubah atau mengupgrade android, Backup dulu data kalian sebelum menginstal rom baru. sebab jika terjadi hal hal yang tidak di inginkan itu menjadi resikko kamu sendiri.

File Backup akan otomatis disimpan di SDcard atau memori internal dengan nama sesuai tanggal dan waktu saat melakukan backup, Proses Backup ataupun Restore akan berlangsung sekitar 5-15 menit, dan saat melakukan Restore akan ada 2 pilihan yaitu semua bagian ROM, atau bagian-bagian tertentu saja.Dan masih banyak Fungsi dan Kegunaan CWM atau ClockworkMod Recovery pada Android ini, namun fitur-fitur yang sudah saya jelaskan diatas tersebut adalah yang paling sering dibutuhkan, Berikut fitur lain yang tersedia di CWM Recovery :

    Reboot system now
    Apply update from sdcard
    Wipe data/factory reset
    Wipe cache partition
    Install zip from sdcard
    Backup and Restore
    Backup Data data + dbdata + cache
    Restore ALL
    Advance Restore
    Mount/unmount untuk /system, /data, /cache, /sdcard atau /sd-ext
    Format untuk boot, system, data, cache, sdcard or sd-ext
    Mount USB storage
    Wipe Dalvik Cache
    Wipe Battery Stats
    Report Error
    Key Test
    Partition SD Card
    Fix Permissions


Mungkin ini saja yang bisa saya persembahkan  tentang pengretian CWM. Semoga bermanfaat buat kalian sob. apabila ada hal hal yang akan di pertanyakan silahkan tinggalkan komentar. terimakasih.
wasalamualaikum wr.wb
×
Berita Terbaru Update