-->

Notification

×

Iklan

Iklan

TV POLYTRON GAGAL START ( PROTEK )

Jumat, 16 Agustus 2024 | Agustus 16, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-04T06:20:46Z

TV POLYTRON GAGAL START ( PROTEK )




 Ingin tahu apa penyebab TV Polytron slim gagal start? Yuk, cari tahu informasinya pada artikel ini!

Seiring perkembangan zaman, saat ini pasar elektronik telah diramaikan oleh hadirnya teknologi televisi.

TV sendiri merupakan salah satu perangkat elektronik rumah tangga wajib, yang mana hampir setiap penghuni rumah memilikinya untuk sarana hiburan.

Ketika memiliki TV, setiap orang pasti berharap TV nya tersebut dapat bertahan lama dan awet sehingga bisa mereka gunakan dalam jangka waktu yang lama agar tidak perlu sering membelinya.

Namun, perlu diingat bahwa membuat TV awet dan bertahan lama itu bukan hanya bergantung pada kualitas TV dari berbagai merek, tetapi cara penggunaan dan perawatan.

Jika penggunaan dan perawatannya tidak sesuai, jangan harap TV yang kamu miliki bisa awet dan tahan lama, justru sebaliknya, perangkatmu malah jadi cepat rusak.

Adapun TV yang rusak bisa mengalami gagal start saat dinyalakan.

Nah, buat kamu yang punya TV Polytron yang slim dan perangkatnya mengalami gagal start, yuk simak penjelasan ini sampai habis.


Penyebab TV Polytron Slim Gagal Start

1. Pin Protek Bermasalah

Penyebab TV Polytron slim gagal start yang pertama adalah karena pin protek yang ada di vertikal blok sedang bermasalah.

Bila kondisi ini terus dibiarkan, tentu saja bisa menyebabkan gangguan pasokan supply flyback sehingga TV tidak bisa dinyalakan hingga mati total dengan kondisi lampu indikator yang tetap menyala.

2. Komponen Elco Lemah

Perlu diketahui, dalam perangkat TV terdapat komponen yang berfungsi untuk mencukupi kebutuhan supply daya osilator horizontal.

Nah, komponen tersebut kerap disebut elco.


Pada TV Polytron, seri elco yang kerap bermasalah adalah c507 dan c402 dengan ukuran 1uF/50 volt, 10uF/63 volt, 100uF/35 volt, atau 43uF/63 sesuai dengan seri mesin TV yang dipakai.

Kemudian, untuk mengukur lemah atau tidaknya elco, kamu bisa menggunakan alat multitester, ya.

3. Kerusakan IC Vertikal

Kerusakan IC vertikal 78141 merupakan penyebab lain TV Polytron tidak dapat dihidupkan.



Apabila IC vertikal mengalami kerusakan, tegangan pada salah satu kakinya akan menjadi tidak seimbang sehingga supply daya menjadi tidak dapat tersalurkan

Cara Memperbaiki TV Polytron Slim Gagal Start

cara mengatasi TV Polytron slim yang gagal start bisa kita anggap masalah yang tidak terlalu serius .

Jadi, tidak perlu khawatir karena kondisi tersebut bisa diatasi dengan cara diperbaiki oleh jasa service elektronik atau bisa ikuti langkah langkah berikut.

Akan tetapi, bila kamu ingin mencoba memperbaikinya sendiri,anda harus mengetahui cara yang benar dalam melakukannya.

 mengenai cara perbaiki TV Polytron gagal start bisa kamu lihat pada uraian di bawah ini.

  1. Siapkan elco 1uF50v, elco 10uF50v, elco 470uF35v, elco 100uF35v, elco 43uF63v, IC vertikal 78141, atau seri lain sesuai dengan tipe TV.
  2. Buka casing TV lalu bersihkan board dari semua kotoran terutama di area vertikal blok atau area utama yang akan diperbaiki.
  3. Cek kaki IC vertikal apakah mengalami masalah seperti patah, retak, terlepas, ataupun berkarat.
  4. Bila memang terjadi masalah, solder bagian kaki IC vertikal yang mengalami masalah tersebut lalu lakukan test apakah TV sudah normal atau belum.
  5. Jika belum, silakan ganti modul elco 1uF50v yang terletak pada bagian IC vertikal yang biasanya tertulis dengna kode IC401 atau IC402 sesuai seri board pada masing-masing TV.
  6. Apabila masih belum berfungsi, cobalah ukur tegangan pada supply IC vertikal apakah berada pada rentang daya 12v dan -12v atau tidak. Jika terjadi drop, silakan ganti dengan elco 470uf35v.

***

Semoga bermanfaat,



×
Berita Terbaru Update